28 October 2016

Tokoh-Tokoh yang Dibuat Nista setelah Dipuja


Tokoh-Tokoh yang Dibuat Nista setelah Dipuja


Adik laki-laki saya sangat hobi njongkongke saya (mendorong dengan sangat cepat, keras, dan tiba-tiba, sehingga si korban terjerembab atau bahkan jatuh terjungkal) di saat saya sedang lengah. Meskipun terlihat serampangan dan keterlaluan kasar, adik saya selalu dengan tepat bisa ngepaske rasa sakit yang saya terima tepat di bawah garis batas ketidakwarasan saya. Maka adik saya akan selalu sangat puas melihat saya cukup sangat kesakitan,, tapi tidak cukup murka untuk membalasnya denga gila. Paling mentok dia hanya mendapat jotosan tepat di ulu hati dari saya. Tidak lebih. Tidak sampai ada pemutusan hubungan darah. Hehehe.

Tapi tidak semua orang seberuntung saya.
Tidak semua orang dijongkongke dari ketinggian di bawah satu meter. Ada orang-orang yang diajak naik dulu ke tempat yang sangat tinggi. Lalu dibuat lengah. Lalu tepat ketika orang tersebut merasa sangat senang hingga terlena disebabkan pemandangan indah serta angin yang sejuk di atas sana, dia dijongkongke begitu saja. Hampir tidak punya kesempatan untuk melawan. Maka diapun remuk redam di bawah sana, berusaha mencerna perubahan perasaan yang ia alami dalam sekedipan mata.

Berikut ini adalah tokoh-tokoh Indonesia yang dihempaskan dari tempat yang sangat tinggi secara cepat dan mendadak.

Tokoh-Tokoh yang Dibuat Nista setelah Dipuja

1. Aa Gym

Aa Gym alias Abdullah Gymnastiar adalah seorang pendakwah, pengusaha, penyanyi, serta penulis, yang juga merupakan pendiri Pondok Pesantren Daruut Tauhiid Bandung. Kepopulerannya meroket sejak mengisi program dakwah di TV Nasional pada tahun 2000. Gaya bicaranya yang santai, pembahasan dakwahnya yang ringan tentang permasalahan sehari-hari, juga fokusnya terhadap tema keluarga, membuat pengajiannya selalu penuh. Penuh pengunjung. Juga penuh dengan iklan yang mengantri tayang karena tinggginya rating yang didapat. Kepopulerannya tentu saja berdampak sangat baik bagi bisnis-bisnisnya. Hal ini tidak bisa dihindari tentu saja. Bisnis Penerbitan Buku, Paket Umroh, Real Estate, Air Minum, Radio, Stasiun TV lokal, dan lain-lain laris manis diserbu masyarakat.

Lalu semuanya berubah, saat negara api mulai menyerang, saat desas-desus tentang Aa Gym menikah untuk kali kedua menyebar di tahun 2006. Berita simpang siur pada awalnya,, ditambahi, dikurangi, diberi bumbu. Tapi semua lalu menjadi jelas ketika Aa Gym dengan cukup jantan mengadakan konferensi pers menyatakan bahwa memang benar dia menikahi janda beranak tiga sebagai istri keduanya.
Tapi semua sudah terlambat. Publik yang telah termakan berita ber-msg kadung marah. Dalam sekejap, karir Selebriti-Dai Aa Gym pun selesai. Bisnis-bisnisnya mengalami kemerosotan omset yang signifikan. Reputasinya bahkan makin kelam saat berita cerai-rujuk dengan istri pertamanya terangkat ke publik.


Tokoh-Tokoh yang Dibuat Nista setelah Dipuja
Aa Gym dan keluarga besar.


Kini, 10 tahun telah berlalu. Masyarakat makin dewasa. Mereka yang dulu menghujat kini mulai paham bahwa poligami bukanlah perbuatan dosa. Tapi kan nasi sudah menjadi bubur. Meskipun luka telah membaik, bopengnya tidak akan pernah hilang.

Aa Gym tetap aktif dalam kegiatan dakwah dan bisnisnya sebenarnya, hanya saja tidak On Air. Sesekali tampil di TV sih, tapi menolak untuk sering-sering. Agaknya Aa Gym sadar bahwa Televisi yang telah membesarkan namanya, juga adalah yang mencabik-cabik kehormatannya tanpa ampun, tanpa pemberitahuan, dan tanpa pertahanan. Hmm....






2. Saipul Jamil

Pemilik nama asli Jamiludin Purwanto ini memulai karir sebagai penyanyi Dangdut sejak tahun 2004. Tapi mendapat perhatian publik lebih karena pernikahannya dengan penyanyi Dangdut wanita yang sedang naik daun kala itu,, Dewi Persik. Meskipun, dia juga sempat mendapatkan penghargaan dari SCTV Musik Award 2006 untuk lagu duetnya bersama penyanyi Dangdut kawakan Ira Swara.

Kepopuleran Saipul Jamil secara ironis meroket pasca tragedi kecelakaan yang menewaskan istri dari pernikahan keduanya (iya, yang ini engga poligami), Virginia Aggraeni. Saipul Jamil memang tidak banyak mengeluarkan Hits dari profesinya sebagai penyanyi Dangdut. Akan tetapi dia termasuk sangat rajin wira-wiri di berbagai program variety di TV. Puncak karir keartisan Saipul (kalau boleh dibilang begitu) adalah saat dia didaulat menjadi salah satu juri di acara D'Academy Indosiar di awal tahun 2016. Hanya satu program sih, tapi durasinya 5 jam dan tayangnya seiap hari (woaaaa). Selain menambah kepopuleran, tentu saja juga menambah gendut rekening tabungannya.

Tokoh-Tokoh yang Dibuat Nista setelah Dipuja
Splendid Saipul Jamil


Tapi lalu semuanya hilang dalam satu kerjapan mata saat kasus pencabulan anak di bawah umur yang dituduhkan padanya mencuat di media massa. Saipul bisa dikatakan tidak melakukan perlawanan sama sekali terhadap hantaman berita yang sangat massive layaknya ombak tsunami. Tanpa banyak berkelit, dia mengakui segala yang dituduhkan padanya. Maka kontrak megahnya dengan D'Academy Indosiar tentu saja langsung berakhir. Begitu juga dengan kontrak-kontraknya yang lain. Para Ibu Rumah Tangga yang dulu gemas dan menjadi penggemarnya kini berbalik jijik,, membanjirinya dengan aneka hujatan kas mantan yang dikecewakan kekasihnya. Pedih ya..

Hingga saat ini Saipul Jamil masih mendekam dipenjara, perlahan dilupakan oleh dunia (tsaaah..).
Tidak seperti Ariel Noah dan Raffi Ahmad yang tetap mendapat dukungan kuat dari banyak kalangan -meskipun pelanggaran yang mereka lakukan sama nista dan sama merusak anak bangsa-, Saipul Jamil benar-benar ditinggalkan oleh teman dan penggemarnya,, juga media massa tentu saja.







3. Mario Teguh

Ini yang sedang rame hingga sekarang. Jadi bingung menyusun kata, takut bakal ikut kena cipratan hujatan. Hehe...

Jadi pemirsa,, kadar rasa sakit itu bukan berdasar seberapa ngilu lebam yang didapat,, melainkan seberapa penting orang yang memberikan lebam tersebut. Ini berdasar pengalaman bodong saya.

Entah apa yang terjadi sebelumnya, Kiswinar merasa ngilu bercampur pedih yang teramat sangat, yang membuatnya menjadi tidak hanya muak tapi juga murka terhadap seorang yang ia rasa bertanggung jawab atas babak belur di hatinya. Bukan karena orang tersebut Kiswinar benci, tapi justru karena orang tersebut kelewat Kiswinar cintai.

Dan prahara pun dimulai.
Tirai dibuka, panggung disorot, skenario dimainkan, drama dipertontonkan.
Kiswinar menghempaskan bapaknya tepat saat sang Bapak berada di puncak. Karena Kiswinar tahu, dengan begitu sang Bapak tidak akan hanya lebam, melainkan remuk redam seluruh tubuh, hati, dan kehidupannya.

PALINGO lho ya,,PALINGO! Hehehe... Serius amat.
Barusan hanyalah imajinasi bodong saya.


Anyway,, Mario Teguh meniti karir sejak sebelum tahun '83 sebagai Kepala Manajer BIMC. Lalu secara perlahan menanjakkan karirnya terus ke atas hingga level CEO sekaligus Konsultan Senior di Exnal Corp Jakarta. Bukan pekerjaan yang cepat dan mudah tentu saja.

Mario Teguh mulai dikenal publik secara luas setelah membawakan program Golden Ways di Metro TV pada tahun 2006. Banyaknya hati yang galau dan jiwa yang gersang membuat rating acara ini menjadi makin tinggi setiap harinya. Agaknya pemirsa sedang sangat membutuhkan siraman rohani motivasi. Mungkin karena si penyiram rohani (Aa Gym) telah pergi dari layar tivi.
Mungkin lho ya,, mungkin! Hehe..

Lanjut ya.
Hingga awal tahun 2016, keberhasilan Mario Teguh bisa dibilang gilang gemilang. Selain Golden Ways, Mario Teguh juga memiliki kontrak bisnis dengan banyak sekali pihak. Kebanyakan kontraknya tentu saja terkait dengan reputasinya sebagai Motivator yang baik hatinya. Maka semua kemudian berubah ketika negara api Kiswinar tampil di publik, menuduhnya macam-macam.

Isu pencampakan anak sebenarnya bukan isu yang panas. Buktinya ratusan kasus aborsi dan pembuangan bayi tidak pernah benar-benar jadi Hit di masyarakat. Akan tetapi, karena si Tertuduh pencampakan anak adalah seorang Motivator yang kondang dengan kebijaksanaanya, isu ini menjadi bulan-bulanan. Dan makin ramai karena media massa menyiarkannya secara massive dengan (lagi-lagi) penambahan, pengurangan, serta bumbu di sana-sini.

Mario Teguh sudah jatuh reputasinya sejak go public Kiswinar yang pertama. Hujatan di mana-mana. Meme olok-olok tentangnya menjadi viral. Bahkan setiap pembelaan diri darinya makin menambah kebencian. Tentu saja, banyak kontrak bisnisnya dibatalkan. Terutama yang berhubungan dengan konsultasi dan motivasi.

Tokoh-Tokoh yang Dibuat Nista setelah Dipuja
Mario Teguh saat muda.


Siapa yang akan dianggap menang di akhir nanti sungguh tidaklah berarti. Karena reputasi Mario Teguh sudah kadung hancur. Demikian juga dengan hati Kiswinar. Dan bahkan jika hubungan Bapak dan Anak ini suatu hari nanti secara ajaib menjadi baik, semuanya tidak akan pernah sama lagi. Itu!



.................

Sebenarnya saya mau menambah daftar, tapi kok sepertinya akan jadi kepanjangan. Karena itu, kali ini cukup sampai di sini dulu. Silahkan tunggu Tokoh-Tokoh yang Dibuat Nista setelah Dipuja episode #2.

Dan untuk penutup, ini ada sepatah dua patah kata dari D-Kador yang sayang jika kita lewatkan...







Ditulis oleh: eRlinDa





1 comment: