04 May 2017

Kabur


Kabur


Kabur itu bukan hanya sekedar lari pada suatu waktu dari suatu tempat. Tapi lebih dari itu, Kabur adalah lari tanpa pamit yang disertai dengan pelanggaran janji pada seseorang. Karena itu, orang yang kabur seringnya dimaki dan dianggap sebagai pengecut yang lari dari tanggung jawab.

Setiap orang yang kabur pastinya punya alasan lah ya. Nah berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi alasan seseorang Kabur. Tidak akurat-akurat amat tentu saja, karena ini hanya berdasar analisis oon saya. Silahkan disimak.


# Karena Galau

Kabur jenis ini dilakukan oleh seseorang yang tidak yakin dengan kemauannya sendiri. Dia ngga ngerti apa yang sebenarnya dia mau, apa yang dia suka, apa yang dia benci, apa yang dia cari, dan apa yang dia tuju. Hal inilah yang menyebabkan Maggie Carpenter dalam The Runaway Bride empat kali kabur di hari pernikahan.

Sebenarnya Maggie tidak benar-benar bermaksud mem-php para cowoknya. Hanya saja, dia memang tidak terlalu paham dengan dirinya sendiri. Tadinya dia pikir dia suka dan cinta pada tunangannya, tapi ternyata tidak. Tadinya dia pikir dia memang ingin menikah dan membangun sebuah keluarga bersama tunangannya, tapi ternyata tidak.

Semua perasaan tadi ternyata hanya semu. Hanya semacam obsesi. Yang menguap begitu saja di hari pernikahan. Hilang tanpa bekas.

Kabur







# Karena Breng*ek

Well,, beberapa tukang kabur memanglah seorang yang Breng*ek. Dia kabur bukan karena terpaksa. Tapi karena Kabur memang telah ia pilih sebagai jalan hidupnya. Dia memanfaatkan cerita sedihnya untuk mendapat simpati orang. Lalu dia membalas kebaikan dan kepercayaan orang-orang polos tersebut dengan tikaman dari belakang.

Dia kabur setelah melakukan penipuan, setelah menghamili anak orang, setelah berhasil menggondol harta milik orang-orang. Dia bahkan tidak merasa bersalah. Dia ingin kaya raya tanpa harus terlalu bersusah payah. 

Kabur







# Karena Baru Sadar

Tadinya dia pikir apa yang dilakukannya selama ini adalah hal yang benar. Hal yang mulia. Hal yang memang harus dilakukan. Tapi kemudian dia sadar bahwa apa yang dia lakukan keliru. Maka dia berubah pikiran.

Orang-orang lalu menyebutnya sebagai pengecut dan penghianat. Tapi dia tidak peduli. Dia telah merubah keputusannya. Seperti Keluarga Malfoy yang kabur dari barisan para Pelahap Maut, tepat di saat Sang Junjungan sedang sangat membutuhkan mereka dalam pertempuran.

Kabur







# Karena Harus Bertahan Hidup

Sansa Stark kabur dari rumahnya sendiri karena ingin tetap hidup. Dia melanggar janji pernikahannya, juga melanggar perjanjian politik dengan bapak mertuaya. Dia bahkan merelakan diri hidup nggembel dan dicekam ketakutan selama berhari-hari dalam pelarian.

Kabur


Sansa kabur bukan karena dia pengecut, tapi karena dia harus melepaskan diri dari orang-orang yang menekannya.
Agar dia bisa menghimpun kekuatan. Untuk melawan balik. Untuk membalas dendam. Untuk mengambil alih apa yang telah direbut paksa darinya. Apa yang seharusnya menjadi miliknya.
Dan.... Ya,, dia berhasil.

Kabur







# Karena ingin Tantangan

Orang miskin pengin keju, orang kaya pengin singkong rebus. Yup, manusia memang cenderung golek-golek apa yang tidak dimilikinya.

Seperti Raden Mas Said alias Sunan Kalijaga yang kabur dari kehidupan bangsawannya demi agar bisa nggembel dan jadi perampok putih. Juga seperti Rapunzel yang ngebet keluar dari Kastil nyamannya untuk bisa melihat festival rakyat dan orang-orang.

Kabur






# Karena Muak

Kebalikan dari poin sebelumnya, poin ini seringnya dialami oleh golongan menengah dan kaum proletar (jiah!!). Kondisi ekonomi yang pas-pasan serta strata sosial yang tidak tinggi, memang sering memicu tindak penindasan. Puncak kekesalan biasanya terjadi saat usia remaja. Kalau saat jaman saya sih, lagu Simple Plan yang berikut ini banyak dijadikan Soundtrack Hidup para remaja kala itu.


"Welcome To My Life"

Do you ever feel like breaking down?
Do you ever feel out of place,
Like somehow you just don't belong
And no one understands you?
Do you ever wanna run away?
Do you lock yourself in your room
With the radio on turned up so loud
That no one hears you're screaming?

Do you wanna be somebody else?
Are you sick of feeling so left out?
Are you desperate to find something more
Before your life is over?
Are you stuck inside a world you hate?
Are you sick of everyone around?
With their big fake smiles and stupid lies
While deep inside you're bleeding

To be hurt
To feel lost
To be left out in the dark
To be kicked when you're down
To feel like you've been pushed around
To be on the edge of breaking down
And no one's there to save you
No, you don't know what it's like,,
Welcome to my life


Muak dengan keadaan dan orang-orang di sekitar membuat para remaja selalu sangat ingin kabur.

Kabur



.............................................


Banyak sih, orang yang kabur tapi lalu berhasil. Tapi banyak juga yang kabur lalu babak belur. Yang pasti sih, kalau suatu saat nanti kamu kepengen kabur, kamu harus mau terima kenyataan bahwa pahit ataupun manis hasil dari kaburmu itu adalah karena keputusanmu sendiri. Jadi jangan nyalah-nyalahin orang lain. Apalagi nyalah-nyalahin Tuhan.

Kabur





Ditulis oleh: eRlinDa



2 comments:

  1. pleasee jgn kabur tgl 21 nti karena baru sadar 😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk..
      Dipelet trus nembe sadar? Hahaha,, 2017

      Delete